Rabu, Januari 09, 2008

UKHUWAH ISLAMIYAH DEMI KEJAYAAN ISLAM

Umatan wahidah atau integritas sosial dikalangan umat islam indonesia sangat penting untuk terbentuk. gaung niat menyatukan umat, baik yang datang dari pihak pimpinan golongan maupun kalangan ilmuwan sudah sering terdengar, setidaknya sudah ada ibda' binafsik atau kesadaran untuk bersama-sama menuju suatu bangunan yang bernama ukhuwah islamiyah.
menjadi suatu rujukan kalau muslim yang satu dengan muslim yang lain ibarat suatu bangunan yang masing-masing individu punya kemampuan/kompetensi untuk memperkokoh bangunannya dalam upaya membina ukhuwah islamiyah. ditampilkan sebagai suatu bangunan, mengingat bila ada diantara unsur dari bangunan itu yang keropos maka struktur bangunan itu tidak lagi menjadi kuat dan kokoh, termasuk tidak akan mampu menahan kekuatan lain yang berusaha merobohkan.
dalam perjuangan menegakkan kebenaran islam, persatuan umat (integritas umat) menjadi utama (prioritas). tanpa integritas umat, kebenaran dan kejayaan islam akan berjalan tertatih-tatih. kalau masing-masing individu tidak lagi mengutamakan semangat kekeluargaan dan sebaliknya mengutamakan kerakusan pribadi untuk ditulis sebagai pejuang dan pahlawan islam yang mengisi agenda sejarah sebagai orang yang banyak berjasa terhadap kebesaran islam, maka didapatnya hanyalah prestasi kosong, angan-angan kosong, dan omong kosong.



sebagai bukti bahwa integritas umat itu penting untuk menunjukkan kebesaran dan kejayaan islam, adalah keberhasilan Nabi Muhammad S.A.W dalm memimpin umatnya. beliau mampu membangun masyarakat arab yang berprilaku demoralisasi (kemerosotan akhlaq) dan dishumanisasi (tidak ada rasa prikemanusiaan), suka pertikain dan perpecahan serta akrab dengan pertumpahan darah dengan konstruksi yang saling mengutamakan prinsip damai (ishlah). beliau bangun masyarakat agar aktivitas yang dilakukannya tidak bercerai berai dari orientasi membangun negara sejahtera atau baldatu toyyibatun warobbun ghoffur.


Kaidah normatif ukhuwah islamiyah sebagai firman Alloh:
"jangan kamu sekali-kali berbuat seperti orang-oarang yang telah berpecah belah dan bersengketa" (QS. Ali Imron:105)

tidak sedikit cara yang digunakan untuk mengalahkan dan menyingkirkan lawan, yang juga saudaranya sendiri, dengan cara-cara yang curang dan kotor, dishumanisasi terefleksi secara deislamisasi. tidak segan-segan intimidasi (ancaman) dilancarkan, penganiayaan dan bahkan pembunuhan kredibilitas (kepercayaan) sosial. mereka terseret dalam solusi politik serba boleh ini berarti menempatkan diri sebagai budak-budak kekuasaan. Na'udzubillah summa na'udzubillah min zalik





Tidak ada komentar:

Arsip Blog

BIOGRAFI ABDILLAH BRAMAYWA AM

Foto saya
Kota Yogyakarta, Sendowo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55284, Indonesia
Assalamu'alaikum Wr.Wb.Salam perkenalan dan Perjuangan. sebuah nama yang sederhana abdillah, begitulah di panggil oleh teman-teman maupun di keluarga besarnya. hanya sedikit orang yang tahu nama lengkapnya yang juga sederhana abdillah bramaywa ahmad manudipta. dilahirkan di kota metro,lampung 14 Oktober 1989 dari sebuah keluarga yang sederhana, Drs. Wardaya nama ayahnya, dan Siti Mundari nama ibunya. abdillah adalah anak yang pertama dari tiga bersaudara, ayuditya bn anak yang kedua dan amrishinta bd anak pamungkasnya.pendidikan: SD Negeri 2 Kota Metro(1995-2001)SMP Negeri 2 Kota Metro(2001-2004) SMA Muh.1 Kota Metro(2004-2007)PT Universitas Negeri Yogyakarta(2007) NO.TELP: (0725)47213 HP : 085658775700